Anti Fraud

Kebijakan Anti Fraud Bank J Trust Indonesia Tbk.

1. ANTI FRAUD CHARTER

Bank J Trust Indonesia telah mendeklarasikan Pernyataan Anti Fraud yang ditandai dengan penandatanganan Anti Fraud Charter oleh jajaran Direksi dan Komisaris pada tanggal 19 April 2012. Anti Fraud Charter adalah suatu pernyataan sikap Manajemen menyangkut fraud yang antara lain memuat tentang pengertian fraud, ruang lingkup fraud dan pilar strategi anti fraud yang telah diterapkan Bank J Trust Indonesia.

Dalam Deklarasi Anti Fraud, Bank J Trust Indonesia menyatakan komitmen zero tolerance terhadap fraud dengan semboyan “No Fraud Tolerance” dalam mejalankan bisnis yang menjunjung tinggi kode etik serta taat pada ketentuan yang berlaku.

2. PAKTA INTEGRITAS

Sebagai bentuk implementasi strategi Pencegahan fraud maka seluruh anggota bank J Trust Indonesia telah membuat komitmen anti fraud secara tertulis dengan menandatangani Pakta Integritas yang menyatakan bahwa:

1.1. Tidak akan melakukan praktek Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme (KKN).

1.2. Tidak akan meminta atau menerima suatu pemberian, baik secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan, tanda terimakasih atau bentuk lainnya yang dia tahu atau patut dapat mengira, bahwa pemberi atau yang akan memberi, mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin berkaitan dengan jabatan saya atau pekerjaan saya.

1.3. Tidak akan memberi atau menjanjikan akan memberi secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan atau bentuk lain yang dia tahu atau patut dapat mengira, bahwa yang meminta atau akan diberi suatu hal yang bersangkutan atau mungkin berkaitan dengan jabatan saya atau pekerjaan saya.

1.4. Menjamin, bahwa segala proses yang terkait dengan transaksi bank, tanggal yang tertera dalam dokumen/voucher transaksi resmi akan dilaksanakan sesuai dengan bunyi dan maksud terkait dengan pelaksanaan transaksi bank tersebut.

1.5. Berkomitmen, bahwa prinsip Good Corporate Governance yaitu Transparency, Disclosure, Independence, Accountability, Responsibility dan Fairness akan diterapkan di seluruh kegiatan yang diperbolehkan perundang-undangan yang berlaku dan akan dilaksanakan di bawah kewenangan yang melekat dengan tetap tunduk kepada ketentuan Rahasia Bank.

1.6. Menghindari pertentangan kepentingan (Conflict of Interest) dalam pelaksanaan tugas.

1.7. Memberi contoh dalam kepatuhan/tingkah laku terhadap peraturan perundang-undangan, peraturan-peraturan Bank Indonesia, peraturan-peraturan perusahaan, Corporate Culture serta peraturan ekstern lainnya dalam melaksanakan tugas, wewenang dan tanggung jawab saya kepada karyawan yang berada di bawah pengendalian saya dan sesama pegawai di lingkungan kerja saya secara konsisten.

3. ETIKA KORPORASI

Bank J Trust Indonesia telah menerbitkan buku Etika Korporasi sebagai bentuk kesungguhan Manajemen bank dalam melakukan perubahan dari dalam serta memiliki komitemen yang tinggi untuk memenuhi Good Corporate Governance sebagai salah satu kewajiban korporasi. Etika Korporasi dibuat bukan untuk membatasi ruang gerak karyawan namun untuk menekankan tumbuhnya kesadaran akan hak dan kewajiban bersama yang disertai tanggung jawab dalam pelaksanaannya yang terinternalisasi pada diri setiap insan Bank J Trust Indonesia.

4. CUSTOMER AWARENESS

Bank Jtrust Indonesia menyampaikan apresiasi kepada seluruh nasabah yang bersedia turut berperan serta dalam pencegahan tindak fraud serta menyampaikan himbauan kepada para nasabah agar senantiasa menjalankan aktifitas transaksi dengan hati-hati diantaranya :

- Menutupi keypad pada saat memasukkan PIN ketia Bertransaksi di ATM,

- Tidak menyimpan atau menitipkan uang atau dokumen perbankan anda (seperti buku tabungan, bilyet deposito, buku cek dan bilyet giro, slip transkasi bertandatangan, serta Kartu ATM / Debit) kepada siapapun (termasuk karyawan Bank di luar counter Bank Jtrust Indonesia).

- Tidak bersedia menandatangani formulir atau dokumen kosong.

- Tidak memberitahukan PIN anda kepada siapapun (termasuk karyawan Bank).

- Tidak memberikan imbalan berupa apapun atas pelayanan jasa bank kepada petugas bank dan/ atau pejabat bank.

- Melakukan pegantian PIN ATM secara berkala,

- Menjaga kerahasiaan PIN ATM,

- Memeriksa saldo akhir dan mutasi transaksi pada buku tabungan setiap selesai bertransaksi bank,

- Melakukan rekonsiliasi rekening koran bagi nasabah Giro,

- Tidak menitipkan kunci safe deposit box kepada petugas bank maupun orang lain.

- Dan lain-lain kewaspadaan.

Melalui strategi anti fraud sebagaimana dijelaskan diatas, PT Bank Jtrust Indonesia berkomitmen penuh untuk menjaga kepercayaan nasabah agar terhindar dari sasaran tindak fraud dan bank tidak segan untuk menindak tegas pelaku fraud sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.